Universitas
Gunadarma bekerja sama dengan Good Game Campus, akan menyelenggarakan seminar
Open Lecture: Game Industry Global and Indonesia, Opportunity and Challenges
pada:
Hari, tanggal : Selasa, 10 Juni 2014
Waktu : 09.00 - 13.00 WIB
Tempat :
Auditorium Gd. 4 lantai 6 Kampus Margonda Raya No. 100 Depok
Pada
seminar ini akan menghadirkan pembicara sbb:
Tim UG IBC (Dosen Universitas Gunadarma)
Wong Lok Dien (CEO Altermyth)
Kim Kyoung Hwan (Dosen GG Campus)
Stephen Cho (CEO Hunga Games)
Berikut Materi Persentasi dari masing-masing
Narasumber Seminar Open Lecture: Game
Industry Global and Indonesia, Opportunity and Challenges
1. Bpk Andreas (Tim UG IBC)
Bpk Andreas: “Game terbaik adalah Games yang bisa
dimainkan semua orang”
Tema : “Game Yesterday & Today dan Game Component”
1.1 Game Yesterday & Today
Merupakan game popular, atau sepanjang masa. Orang
yang memainkan game ini tidak akan pernah bosan karena gemenya yang sangat
bagus dan menarik. Contoh dari Game ini : Prince Of Persia, Angry Brid, dll.
1.2 Game Component
Merupakan komponen- komponen atau isi dari game itu
sendiri. Game component terdiri dari 2(dua) bagian yaitu content + engine.
1.2.1 Content terdiri dari:
a. Sound
b. Effect
c. Lighting
d. Level design
e. Animation
f. dll
1.2.2 Engine terdiri dari:
a. Motion
capture:
Faktor-faktor Game yang baik:
- Playability and game play
- How fun are the Game
- Price
- Innovation
only god when these two above factor are met.
- Timing
- Play by industry
b. Innovation
controller Games
Brain Computer
interface : suatu device yang digunakan untuk menjembatani otak dengan
computer. Innovasi ini menggunakan syaraf otak untuk mengatur suatu permainan.
Fungsi dari BCI ini juga dapat digunakan untuk melihat fungsi apakah yang
terkandung dalam otak seseorang. Untuk memainkan pemainan dengan controller BCI
ini diperlukan ketenangan suasana, agar pemain dapat berkonsentrasi
penuh untuk mencapai tujuan dari game yang sedang dimainkannya.
Prinsip kerja
dari BCI sendiri berupa stimulus gelombang Alpha, Beta, Delta, Theta dan Neural
Impulse Actuator (NIA).
2. Wong
Lok Dien (CEO Altermyth)
Tema: “The Rise Of Gaming” (Persaingan dunia Games di
Dunia)
Persaingan Industri Game yang berpenghasilan milyaran
atau triliunan dalam perbulan lebih banyak melalui Games base Online.
Untuk meningkatkan atau mengembangkan suatu game yang
akan kita buat, diperlukan beberapa aspek pendukung dalam pembuatan dan
pemasaran game itu sendiri. Usahakan untuk mencapai global atau umum, dengan
memudahkan akses platform pada game yang kita buat. Dibawah ini adalah
tahap-tahap pembuatan game yang baik, yaitu:
a. Bunch
of references. Untuk membuat suatu game yang baik diperlukan beberapa
referensi game-game yang sudah ada kemudian digabungkan dan diperbarui lagi
menjadi game yang up to date.
b. Free & Easy to Use tools.
Setelah memiliki beberapa referensi game, saatnya mengimplementasikannya ke
dalam aplikasi game yang akan kita buat. Usahakan untuk menggunakan peralatan
yang gratis dan mudah dalam penggunaannya.
c. Monetize ready. Apabila game yang
telah kita buat telah selesai dengan baik kita sudah siap untuk menampung
pundi-pundi uang.
d. Open market. Dari semua tahap inilah
tahap yang paling penting, usahakan aplikasi kita dapat ditemukan disemua
market khusus platform gadget-gadget game yang sedang trend di masa sekarang.
Dari keempat tahap tersebut ada tahapan-tahapan lain
yang perlu dimulai dari diri kita sendiri. Tahapan tersebut antara
lain:
a. Concept
b. Execution
c. Access to the market
d. Marketing / promotion
e. Service & operations
3. Kim Kyoung Hwan (Dosen GG Campus)
Tema: “Game Engine Unity 3D”
Untuk pembuatan game unity 3D ini tidak hanya
diperuntukan untuk seorang programmer saja, orang lain yang bukan seorang
programmer pun dapat membuatnya, pembuatan game pada Unity 3D ini
gampang-gampang sulit. Kita hanya memerlukan ketelitian dan keterampilan untuk
membuat design graphics yang nyata, sehingga game yang kita buat dapat
menyerupai keadaan aslinya. Untity 3D platform:
- IOs -
PS3
- Android - Xbox 360
- Flash - Wii
- PC -
Web Player
- Mac -
Blackberry
4. Stephen Cho (CEO Hunga Games)
Stephen Cho:”Perkembangan Mobile Games 5
tahun ke depan akan semakin berkembang. Contoh dari Mobile messanger memiliki
pengembangan yang menjadi memiliki fitur bermain Games seperti Line, KakaoTalk,
dll”
Tema: “Mobile Game Market Smart Trends and Success
Stories”
a. Global
mobile market game memerlukan device yang banyak untuk penembangannya. Sudah
banyak platform yang mendukung seperti Line, We Chat, Kakao Talk, dll.
b. Untuk
pemasaran global mobile market sangat meningkat dibandingkan game PC.
c. Di
Amerika pada awalnya menghasilkan game untuk PC, namun setelah apple muncul,
game dari platform PC berubah menjadi game berbasis mobile platform. Pemakaian
mobile game sendiri terbilang sangat banyak dan luas. Mulai anak 10th-30th banyak
yang sudah menggunakannya.
d. Di
Asia pun tidak kalah pemakaiannya. Mulai dari anak kecil sampai ibu-ibu pun
banyak dapat kita jumpai sedang asyik memainkan mobile game yang dimilikinya.
Oleh karena itu apabila kita ingin menciptakan suatu game mobile yang baik,
sebaiknya dibuat secara global atau umum sehingga siapapun dapat memainkan
permainan yang kita buat tanpa harus terbentur usia.
e. Company game mobile Korea yang sukses antara
lain:
- Gamevil - SundayTOZ
- Com2us - pAti
- Pictosoft - nfx
- Talk
f. Tidak
hanya Korea, Indonesia pun memiliki beberapa web game / game online yang
sukses, antara lain:
- PT. Kreon
- Lyro
- Megaxus
0 komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.