Sabtu, 18 Oktober 2014

Kiat Mengatasi Kejenuhan


Kejenuhan merupakan sesuatu yang dapat mengganggu aktifitas setiap orang seperti akan mengganggu konsentrasi dalam pekerjaannya. Apalagi bagi anda yang mempunyai aktifitas yang monoton setiap harinya. Bosan, tiba-tiba menjadi malas, dan alhasil kegiatan dan pekerjaan anda pun akan terbengkalai begitu saja dengan kata lain tingkat produktifitas anda akan menurun drastis. Jangankan menyelesaikan pekerjaan, untuk berfikir jernih saja sangatlah sulit. Banyak sekali penyebab yang mungkin saja menjadi faktor pemicu munculnya kejenuhan. Misalnya saja anda terlalu memforsir diri anda untuk bekerja melebihi batas, berada didalam ruangan yang sama setiap hari, mengetik didepan PC atau laptop setiap hari dan lain sebagainya.

Berikut beberapa cara menghilangkan kejenuhan atau bosan:

1. Hiruplah udara segar diluar
Menghirup udara segar artinya anda mungkin terlalu menutup diri karena kejenuhan dan kebosanan sering dipicu oleh kegiatan rutin yang monoton seperti kegiatan belajar atau pun pekerjaan anda. Salah satu cara yang mungkin saja dapat anda coba adalah dengan keluar sebentar dari rumah atau pun gedung atau dari ruangan apapun itu untuk menghirup udara luar yang segar. Atau lakukan apa yang membuat Anda senang.

2. Mendengarkan musik
Alunan nada yang menenangkan sangat baik untuk menormalkan rasa tidak karuan dan jenuh yang mungkin saja anda rasakan. Sudah banyak bukti bahwa dengan mendengarkan musik dapat menghilangkan kejenuhan. Pilihlah jenis musik yang menjadi favorit anda.

3. Menonton film favorit
Menonton film merupakan salah satu cara mengatasi kejenuhan, menonton film merupakan salah satu kegiatan yang akan mengundang rasa senang dan santai sekaligus rasa puas.

4. Bermain game dan internet
Internet sangat membantu mengatasi kejenuhan, seperti bermain game online yang benyak game-game menarik yang dapat anda mainkan maupun  anda download dari yang dapat di mainkan secara geratis maupun berbayar, bahkan di internet anda dapat membaca situs-situs informasi/berita untuk mendambah wawasan anda dan sekaligus mengalikan pikiran jenus anda.

5. Bergabung di suatu komunitas
Bergabung di suatu komunitas akan membuat anda memiliki banyak teman, teman yang banyak dapat mengatasi kejenuhan. Apalagi bila anda mempunyai teman yang bisa menghibur anda. Seringlah berkumpul dengan mereka untuk mengatasi kejenuhan anda. Namun pilihlah komunitas yang memberi manfaat positif dan membuat anda enjoy bahkan kalau bisa yang dapat menunjang perkembangan profesi atau keahlian anda. Forum di Internet juga bisa menjadi cara yang efektif, karena dapat berbagai informasi dengan tidak harus bertatap muka.

6. Jalan-jalan atau Berlibur
Datanglah ke tempat–tempat yang menyenangkan seperti berjalan-jalan misalkan jalan-jalan ke Mall atau nonton di Bioskop atau yang lainnya. Tidak harus jauh, yang terpenting adalah kualitas dan rasa enjoy yang anda dapatkan disaat jalan-jalan. Atau jika anda memiliki waktu libur yang cukup, anda bisa menjadikan berlibur dan berekreasi sebagai pilihan. Dengan anda berekreasi, otomatis anda akan dapat melupakan segala rutinitas yang anda lalui setiap hari. Dengan begitu, kondisi anda pun akan lebih fresh dan bisa kembali kepada kondisi seperti semula. Kejenuhan pun tanpa terasa sudah hilang dengan sendirinya. Kegiatan jalan-jalan dan atau berlibur ini dapat anda lakukan sendiri maupun bersama orang-orang yang anda sayangi seperti keluarga(ayah dan ibu), teman-teman anda atau pun orang yang ada sayangi.

7. Berolahraga
Berolahraga juga dapat di jadikan sebagai pengusir kejenuhan. Ada berbagai macam olahraga yang dapat anda pilih, misalnya saja berlari, jalan-jalan ringan, bermain sepakbola, futsal, badminton dan lain sebagainya disesuaikan dengan pribadi dan olahraga favorit anda masing-masing.

8. Jatuh Cinta
Jatuh cintalah, jatuh cinta akan menghilangkan kejenuhan anda namun hati-hati karena bila anda cuma jatuh cinta namun tak bisa bersama maka kejenuhan akan beralih ke kegalauan.



Sekian beberapa kiat/cara mengatasi kejenuhan atau bosan dari saya.


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Sponsor