RINGKASAN EKSEKUTIF
Usaha IT Konsultan di pilih di
karenakan Perkembangan
dunia IT yang begitu cepat, memberikan andil yang tidak kecil terhadap segala
sudut kehidupan. Era internet pun datang merambah seluruh ruang aktivitas kita.
Laju perkembangan IT berimbas pada
semakin meningkatnya kebutuhan akan penerapan IT dalam dunia bisnis. Persaingan
bisnis yang semakin keras, menuntut pelaku-pelaku-nya untuk bisa berinovasi
menerapkan tool-tool pendukung untuk selalu bisa bertahan atau minimal tidak
tertinggal jauh. Salah satu tool pendukung itu adalah pemberdayaan teknologi
informasi.
Untuk memenuhi kebutuhan itu, Kami
datang membawa segudang solusi dalam bidang IT. Pengalaman panjang kami di
lingkungan bisnis IT maupun dalam menangani project-project langsung dari
client kami dengan tuntutan kwalitas
tinggi dan deadline yang sangat singkat, memompa spirit kami serta meningkatkan
rasa percaya diri kami untuk bisa berkarya lebih baik. Kami siap memberikan
solusi-solusi dalam bidang IT demi perbaikan bisnis atau aktivitas anda.
Dengan
tekad tujuan, untuk memenuhi kebutuhan teknologi informasi masyarakat,
perusahaan, dinas pendidikan dan instansi pemerintah yang cepat dan murah, dan
didukung oleh tim profesional muda yang berpengalaman dibidangnya.
I. DESKRIPSI USAHA
A. Data perusahaan
Nama :
PT. SPTFODSS4E
Tempat : Rusun DAKOTA 10 B/501,
Kebon Kosong, Kemayoran – Jakarta Pusat
Basis operasi :
IT Konsultan, IT Support, dan IT Solution
Bentuk usaha : IT Konsultan dalam dunia bisnis
perusahaan dan IT Support dan IT Solution dalam membantu mengembangan marketing
perusahaan.
B. Data Pengusaha
Nama :
Sampe Tua Ompung Sunggu
Tempat,Tanggal Lahir :
Selayang, 20 Juni 1992
Pendidikan : Sedang menempuh S1 Pogram
Study Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
C. Struktur
Organisasi & Job Discription
1. Pimpinan
(Manager)
- pemilik sekaligus
pimpinan
- bertanggung jawab
teradap jalannya usaha
- koordinasi,
pengawas, dan mengarahkan seluruh kegiatan
- pengambil keputusan
- sebagai quality
control
2. Bagian IT Konsultan dan IT Solution
-
kepala
bagian IT Konsultan dan IT Solution mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk
bekerja sesuai jobdis
-
bertanggung
jawab memberikan konsultansi/rekomendasi mengenai solusi IT terbaik untuk
memecahkan masalah
-
bertanggung
jawab membuat dokumen seperti proposal, requirement dan desain software secara
umum
-
bertanggung jawab melakukan pelatihan
(training) kepada para pengguna software
3. Bagian IT Support
-
kepala
bagian IT Support mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja sesuai
jobdis
-
bertanggung jawab membuat jadwal maintenance atau perawatan
hardware untuk tiap
hari (update software)
-
memiliki
administrasi yang baik
-
bertanggung
jawab mengatasi troubleshooting hardware
-
bertanggung
jawab menyediakan surat permintaan barang yang di butuhkan
4. Bagian Pengadaan
Peralatan
-
kepala
bagian pengadaan peralatan mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja
sesuai jobdis
- mencari informasi
keberadaan peralatan
- melakukan pembelian
peralatan
-
menjaga
kondisi peralatan
5. Bagian
Keuangan
- kepala bagian
keuangan mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja sesuai jobdis
- melaksanakan
kegiatan keuangan dan administrasi
- mencatat/pembukuan
keuangan perusahaan
- mengadakan dana
untuk proses pembelian bahan dan proses
- membuat laporan
keuangan harian, mingguan, bulanan, triwulan, tahunan
-
bertanggung
jawab terhadap sistem keuangan
6. Bagian Pemasaran
-
kepala
bagian pemasaran mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja sesuai jobdis
- mempromosikan dan
memasarkan produk
- mendistribuskan
produk ke tempat pemasaran
-
-
melayani dengan ramah,
menanggapi komplain konsumen
dengan ramah dan senyum
D. Alasan Pemilihan
Bisnis
Usaha IT Konsultan di pilih di
karenakan Perkembangan
dunia IT yang begitu cepat, memberikan andil yang tidak kecil terhadap segala
sudut kehidupan. Era internet pun datang merambah seluruh ruang aktivitas kita.
Laju perkembangan IT berimbas pada
semakin meningkatnya kebutuhan akan penerapan IT dalam dunia bisnis. Persaingan
bisnis yang semakin keras, menuntut pelaku-pelaku-nya untuk bisa berinovasi
menerapkan tool-tool pendukung untuk selalu bisa bertahan atau minimal tidak
tertinggal jauh. Salah satu tool pendukung itu adalah pemberdayaan teknologi
informasi.
Untuk memenuhi kebutuhan itu, Kami
datang membawa segudang solusi dalam bidang IT. Pengalaman panjang kami di
lingkungan bisnis IT maupun dalam menangani project-project langsung dari
client kami dengan tuntutan kwalitas
tinggi dan deadline yang sangat singkat, memompa spirit kami serta meningkatkan
rasa percaya diri kami untuk bisa berkarya lebih baik. Kami siap memberikan
solusi-solusi dalam bidang IT demi perbaikan bisnis atau aktivitas anda.
Dengan tekad tujuan, untuk
memenuhi kebutuhan teknologi informasi masyarakat, perusahaan, dinas pendidikan
dan instansi pemerintah yang cepat dan murah, dan didukung oleh tim profesional
muda yang berpengalaman dibidangnya.
II. ANALISIS
PEMASARAN
1. Product (Jasa
dan produk)
Jasa dan Produk dan yang direncanakan untuk di tawarkan
adalah:
- - IT Konsultan
- - IT Support
- - IT Solution
- - Design Solution
- - Pembuatan Software dan Database
- - Web Design dan Programming
2. Place
(lokasi/distribusi)
Perusahaan ini berlokasi di Rusun Dakota 10 B/501 Kebon Kosong Kemayoran.
Adapun sasaran pasar jasa dan poduk ini adalah perusahaan-perusahaan kecil sampai
besar dan masyarakat yang membutuhkan solusi dalam pemasaran dan marketing
usaha mereka. Dan dapat juga di akses melalui internet pada http://sampe-tua-arios-15.hol.es/.
3. Price (harga)
Penentuan harga jual dan jasa dilakukan
dengan cara menghitung biaya produksi ditambah biaya lain-lain dan tren yang
berlaku. Jika produk yang menjadi idola (tren) harganya pun bisa dinaikan dari
standar harga normal. Adapun berikut rincian beberapa contoh jasa dan produk
yang kami tawarkan:
Jasa atau Produk
|
Harga jual
|
Harga yang ditawarkan oleh pesaing
|
Website Design
|
1.000.000 / page
|
1.200.000 / page
|
Web Service
|
9.000.000
|
12.000.000
|
Apps Mobile
|
5.000.000
|
6.300.000
|
Software Standalone
|
4.000.000
|
5.300.000
|
Software
Database
|
8.000.000
|
9.500.000
|
4. Promotion
(promosi)
Promosi akan dilakukan untuk mengenalkan jasa
dan produk ini kepada konsumen. Promosi akan dilakukan dengan memasang
pamflet-pamflet di pinggir jalan dan tempat-tempat strategis lainnya. Selain
itu juga akan memanfaatkan media internet sebagai sarana e-business. Untuk
promosi melalui internet akan dipromosikan lewat social media dan situs-situs
e-business lainnya. serta melalui blog pemilik usaha yaitu : http://studysamsam.blogspot.com/.
III. ANALISIS
OPERASIONAL
1. Desain Produk
Jasa dan Produk akan di sesuaikan terlebih
dahulu dengan keinginan client. Setiap keinginan client akan di sesuaikan
dengan kebutuhan dari client dan kebutuhan dari jasa dan produk. Hasi dari jasa
dan produk akan di buat sebaik mungkin dalam memberikan solusi bagi client. Dan
setiap jasa dan produk yang membutuhkan maintenance juga akan di sediakan maintenance
secara berkala terhadap client yang menerima jasa itu juga.
2. Proses Produksi
Setiap jasa atau produk yang sudah di
dapat dari client akan di kerjakan sesuai dengan waktu dateline yang sudah di
tentukan sebelumnya dalam kesepakan di dalam kontrak. Setiap jasa dan produk
akan di kerjakan dan di sediakan dengan sebaik-baiknya dan sesuia dengan
kesepakatan.
IV. ANALISIS
PELUANG PASAR & PESAING
1. Analisis Peluang
Pasar
Peluang pasar untuk jasa dan produk teknologi
informasi dan komunikasi ini sangatlah besar melihat budaya perusahaan yang menggunakan
perangkat komunikasi dan peluang pasar yang menjanjikan. Selain itu daya beli
komsumen terhadap jasa dan produk ini cukup bervariasi dari perusahaan besar
hingga perusahaan menegah bawah. Jasa dan produk ini dapat di dapatkan oleh
semua golongan karena harganya yang relatif terjangkau serta memiliki nilai
kepuasan yang tinggi.
Untuk menembus tingkat pasar yang optimal,
maka diperlukan sekali untuk memikirkan strategi yang akan ditempuh untuk
membangun usaha agar mendapatkan respon yang bagus dari konsumen di pasar bersaing. dengan menganaliasa
lingkungan internal dan eksternal yang ada di pasar domestik akan mempermudah
bagi perusahaan dalam menyusun strategi yang baik dan efisien.
2. Tingkat Persaingan
Melihat situasi di pasar persaingan yang
akan dimasuki jasa dan produk, sepertinya jasa dan produk ini akan laku di
pasaran. Hal ini dikarenakan harganya yang terjangkau dan harga bersaing dengan
yang ada di pasar persaingan.
Selain itu pesaing yang akan menyaingi jasa
dan produk ini tampaknya belum dapat menyaingi harga yang di tawarkan.
0 komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.