Jumat, 21 November 2014

Rancangan Bisnis

RINGKASAN EKSEKUTIF

Usaha IT Konsultan di pilih di karenakan Perkembangan dunia IT yang begitu cepat, memberikan andil yang tidak kecil terhadap segala sudut kehidupan. Era internet pun datang merambah seluruh ruang aktivitas kita.
Laju perkembangan IT berimbas pada semakin meningkatnya kebutuhan akan penerapan IT dalam dunia bisnis. Persaingan bisnis yang semakin keras, menuntut pelaku-pelaku-nya untuk bisa berinovasi menerapkan tool-tool pendukung untuk selalu bisa bertahan atau minimal tidak tertinggal jauh. Salah satu tool pendukung itu adalah pemberdayaan teknologi informasi.
Untuk memenuhi kebutuhan itu, Kami datang membawa segudang solusi dalam bidang IT. Pengalaman panjang kami di lingkungan bisnis IT maupun dalam menangani project-project langsung dari client kami  dengan tuntutan kwalitas tinggi dan deadline yang sangat singkat, memompa spirit kami serta meningkatkan rasa percaya diri kami untuk bisa berkarya lebih baik. Kami siap memberikan solusi-solusi dalam bidang IT demi perbaikan bisnis atau aktivitas anda.
Dengan tekad tujuan, untuk memenuhi kebutuhan teknologi informasi masyarakat, perusahaan, dinas pendidikan dan instansi pemerintah yang cepat dan murah, dan didukung oleh tim profesional muda yang berpengalaman dibidangnya.


I. DESKRIPSI USAHA

A. Data perusahaan
Nama                        : PT. SPTFODSS4E
Tempat                      : Rusun DAKOTA 10 B/501, Kebon Kosong, Kemayoran – Jakarta Pusat
Basis operasi              : IT Konsultan, IT Support, dan IT Solution
Bentuk  usaha             : IT Konsultan dalam dunia bisnis perusahaan dan IT Support dan IT Solution dalam membantu mengembangan marketing perusahaan.

B. Data Pengusaha
Nama                        : Sampe Tua Ompung Sunggu
Tempat,Tanggal Lahir  : Selayang, 20 Juni 1992
Pendidikan                 : Sedang menempuh S1 Pogram Study Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma



C. Struktur Organisasi & Job Discription

1. Pimpinan  (Manager)
-      pemilik sekaligus pimpinan
-      bertanggung jawab teradap jalannya usaha
-      koordinasi, pengawas, dan mengarahkan seluruh kegiatan
-      pengambil keputusan
-      sebagai quality control

2. Bagian IT Konsultan dan IT Solution
-      kepala bagian IT Konsultan dan IT Solution mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja sesuai jobdis
-      bertanggung jawab memberikan konsultansi/rekomendasi mengenai solusi IT terbaik untuk memecahkan masalah
-      bertanggung jawab membuat dokumen seperti proposal, requirement dan desain software secara umum
-      bertanggung jawab melakukan pelatihan (training) kepada para pengguna software

3. Bagian IT Support
-      kepala bagian IT Support mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja sesuai jobdis
-      bertanggung jawab membuat jadwal maintenance atau perawatan hardware untuk tiap hari (update software)
-      memiliki administrasi yang baik
-      bertanggung jawab mengatasi troubleshooting hardware
-      bertanggung jawab menyediakan surat permintaan barang yang di butuhkan

4. Bagian Pengadaan Peralatan
-      kepala bagian pengadaan peralatan mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja sesuai jobdis
-      mencari informasi keberadaan peralatan
-      melakukan pembelian peralatan
-      menjaga kondisi peralatan

5. Bagian Keuangan                         
-      kepala bagian keuangan mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja sesuai jobdis
-      melaksanakan kegiatan keuangan dan administrasi
-      mencatat/pembukuan keuangan perusahaan
-      mengadakan dana untuk proses pembelian bahan dan proses
-      membuat laporan keuangan harian, mingguan, bulanan, triwulan, tahunan
-      bertanggung jawab terhadap sistem keuangan

6. Bagian Pemasaran
-      kepala bagian pemasaran mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja sesuai jobdis
-      mempromosikan dan memasarkan produk
-      mendistribuskan produk ke tempat pemasaran
-      - melayani   dengan   ramah,   menanggapi   komplain konsumen dengan ramah dan senyum

D. Alasan Pemilihan Bisnis

Usaha IT Konsultan di pilih di karenakan Perkembangan dunia IT yang begitu cepat, memberikan andil yang tidak kecil terhadap segala sudut kehidupan. Era internet pun datang merambah seluruh ruang aktivitas kita.
Laju perkembangan IT berimbas pada semakin meningkatnya kebutuhan akan penerapan IT dalam dunia bisnis. Persaingan bisnis yang semakin keras, menuntut pelaku-pelaku-nya untuk bisa berinovasi menerapkan tool-tool pendukung untuk selalu bisa bertahan atau minimal tidak tertinggal jauh. Salah satu tool pendukung itu adalah pemberdayaan teknologi informasi.
Untuk memenuhi kebutuhan itu, Kami datang membawa segudang solusi dalam bidang IT. Pengalaman panjang kami di lingkungan bisnis IT maupun dalam menangani project-project langsung dari client kami  dengan tuntutan kwalitas tinggi dan deadline yang sangat singkat, memompa spirit kami serta meningkatkan rasa percaya diri kami untuk bisa berkarya lebih baik. Kami siap memberikan solusi-solusi dalam bidang IT demi perbaikan bisnis atau aktivitas anda.
Dengan tekad tujuan, untuk memenuhi kebutuhan teknologi informasi masyarakat, perusahaan, dinas pendidikan dan instansi pemerintah yang cepat dan murah, dan didukung oleh tim profesional muda yang berpengalaman dibidangnya. 


II. ANALISIS PEMASARAN

1. Product (Jasa dan produk)
Jasa dan Produk  dan yang direncanakan untuk di tawarkan adalah:
  • -      IT Konsultan
  • -      IT Support
  • -      IT Solution
  • -      Design Solution
  • -      Pembuatan Software dan Database
  • -      Web Design dan Programming


2. Place (lokasi/distribusi)
Perusahaan ini berlokasi di  Rusun Dakota 10 B/501 Kebon Kosong Kemayoran. Adapun sasaran pasar jasa dan poduk ini adalah perusahaan-perusahaan kecil sampai besar dan masyarakat yang membutuhkan solusi dalam pemasaran dan marketing usaha mereka. Dan dapat juga di akses melalui internet pada http://sampe-tua-arios-15.hol.es/.

3. Price (harga)
Penentuan harga jual dan jasa dilakukan dengan cara menghitung biaya produksi ditambah biaya lain-lain dan tren yang berlaku. Jika produk yang menjadi idola (tren) harganya pun bisa dinaikan dari standar harga normal. Adapun berikut rincian beberapa contoh jasa dan produk yang kami tawarkan:
Jasa atau Produk
Harga jual
Harga yang ditawarkan oleh pesaing
Website Design
1.000.000 / page
1.200.000 / page
Web Service
9.000.000
12.000.000
Apps Mobile
5.000.000
6.300.000
Software Standalone
4.000.000
5.300.000
Software Database
8.000.000
9.500.000

4. Promotion (promosi)
Promosi akan dilakukan untuk mengenalkan jasa dan produk ini kepada konsumen. Promosi akan dilakukan dengan memasang pamflet-pamflet di pinggir jalan dan tempat-tempat strategis lainnya. Selain itu juga akan memanfaatkan media internet sebagai sarana e-business. Untuk promosi melalui internet akan dipromosikan lewat social media dan situs-situs e-business lainnya. serta melalui blog pemilik usaha yaitu : http://studysamsam.blogspot.com/.


III. ANALISIS OPERASIONAL

1. Desain Produk
Jasa dan Produk akan di sesuaikan terlebih dahulu dengan keinginan client. Setiap keinginan client akan di sesuaikan dengan kebutuhan dari client dan kebutuhan dari jasa dan produk. Hasi dari jasa dan produk akan di buat sebaik mungkin dalam memberikan solusi bagi client. Dan setiap jasa dan produk yang membutuhkan maintenance juga akan di sediakan maintenance secara berkala terhadap client yang menerima jasa itu juga.

2. Proses Produksi
        Setiap jasa atau produk yang sudah di dapat dari client akan di kerjakan sesuai dengan waktu dateline yang sudah di tentukan sebelumnya dalam kesepakan di dalam kontrak. Setiap jasa dan produk akan di kerjakan dan di sediakan dengan sebaik-baiknya dan sesuia dengan kesepakatan.


IV. ANALISIS PELUANG PASAR & PESAING

1. Analisis Peluang Pasar
Peluang pasar untuk jasa dan produk teknologi informasi dan komunikasi ini sangatlah besar melihat budaya perusahaan yang menggunakan perangkat komunikasi dan peluang pasar yang menjanjikan. Selain itu daya beli komsumen terhadap jasa dan produk ini cukup bervariasi dari perusahaan besar hingga perusahaan menegah bawah. Jasa dan produk ini dapat di dapatkan oleh semua golongan karena harganya yang relatif terjangkau serta memiliki nilai kepuasan yang tinggi.
Untuk menembus tingkat pasar yang optimal, maka diperlukan sekali untuk memikirkan strategi yang akan ditempuh untuk membangun usaha agar mendapatkan respon yang bagus dari konsumen  di pasar bersaing. dengan menganaliasa lingkungan internal dan eksternal yang ada di pasar domestik akan mempermudah bagi perusahaan dalam menyusun strategi yang baik dan efisien.

2. Tingkat Persaingan
Melihat situasi di pasar persaingan yang akan dimasuki jasa dan produk, sepertinya jasa dan produk ini akan laku di pasaran. Hal ini dikarenakan harganya yang terjangkau dan harga bersaing dengan yang ada di pasar persaingan.

Selain itu pesaing yang akan menyaingi jasa dan produk ini tampaknya belum dapat menyaingi harga yang di tawarkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Sponsor